7 Keuntungan Menjadi Liaison Officer

7 Keuntungan Menjadi Liaison Officer

Mon, 22 Jun 2020Posted by Admin

Liaison Officer atau yang biasa disingkat dengan LO merupakan orang yang menjalin hubungan antara dua organisasi untuk berkomunikasi mengoordinasikan sebuah kegiatan. Dua organisasi ini bersifat kondisional, bisa sebagai penghubung antara berbagai divisi dalam suatu acara dengan peserta kegiatan. Komunitas TRANS7 Club memiliki salah satu klub dengan minat LO. Biasanya dalam acara-acara yang dibuat oleh TRANS7, para anggota TRANS7 yang memiliki minat LO bisa bergabung dan turut berpartisipasi langsung dalam acara.

Lantas, apa aja sih keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi Liaison Officer?

1. Bertemu orang baru dan menambah relasi

Menjadi Liaison Officer tentunya membuat kamu bertemu dengan orang baru. Baik dari tamu undangan, peserta acara, bahkan LO atau staff sebuah acara lainnya. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk melaksanakan tugas sembari mengakrabkan diri pada orang lain.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Tugas seorang Liaison Officer mengharuskan mereka berhadapan dengan orang banyak. Kamu harus bisa selalu tampil percaya diri dengan senyum dan kepala tegak saat menyampaikan sesuatu kepada orang-orang yang kamu hubungi.

3. Kemampuan komunikasi menjadi lebih terasah

Komunikasi berperan penting dalam keberlangsungan tugas Liaison Officer agar berjalan dengan lancar dan tidak terjadi salah paham. Sebagai LO, kamu harus memahami hal-hal terkait acara yang tengah dijalani maupun tentang hal lain selama bertugas. Hal ini berguna karena mungkin nantinya kamu akan ditanya oleh tamu atau peserta  dan mungkina dimintai pendapat atau memutuskan sesuatu.

4. Melatih kedisiplinan dan menghargai waktu

Seorang LO dituntut untuk selalu tanggap, peka, cerdas dan dapat berfikir tepat. Dalam menghadapi banyak orang dalam situasi yang urgent misalnya, seorang LO tidak juga boleh panik. LO juga harus datang lebih awal, menyesuaikan waktu pada acara sehingga bisa melatih kedisiplinan dan lebih menghargai waktu yang ada.

5. Terbentuknya citra diri yang positif

Berhadapan dengan orang dan mengharuskan kamu tampil dengan baik membuatmu sekaligus membentuk citra diri yang positif. Hal ini karena Liaison Officer memegang peranan penting dalam sebuah acara terkait dengan para tamu dan peserta acara.

6. Meningkatnya pemahaman dan daya ingat

Sebagai jembatan antara pihak penyelenggara acara dan tamu undangan, dalam persiapannya kamu pasti harus memahami seputar acara yang berlangsung dan jadwal tamu undangan. Tuntutan ini lah yang membuat kamu jadi cekatan dan tidak pelupa. 

7. Menambah pengalaman baru

Dengan menjadi seorang Liaison Officer tentunya kamu akan mendapat pengalaman baru karena masing-masing acara bisa berbeda.