Tau Gak Sih: Kuliner Serba Tahu

Tau Gak Sih: Kuliner Serba Tahu

Tue, 30 Apr 2019Posted by Admin

Tahu adalah makanan yang berbahan dasar biji kedelai. Tahu sendiri berangkat dari kata tauhu yang merupakan bahasa Hokkian, Tiongkok tempat asal tahu yang berarti kedelai terfermentasi. Tahu telah dikenal sejak Dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Penemu tahu sendiri adalah cucu kaisar Han Gaozu, Liu Bang.

Tahu amat terkenal di Indonesia. Banyak sekali olahan makanan yang menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya. Tidak jarang, makanan tersebut merupakan makanan khas daerah Indonesia. Salah satu contohnya adalah daerah Semarang. Berikut adalah beberapa makanan khas Semarang yang berasal dari tahu dan berhasil direkam oleh Tim TRANS7 dalam program Tau Gak Sih episode 29 April 2019.

  1. Tahu Gimbal

Makanan khas Semarang ini berisi tahu goreng, kol mentah, lontong, telur dadar dan gimbal. Gimbal sendiri berasal dari nama salah satu bahan dasarnya. Gimbal ini semacam bakwan goreng yang berisikan udang. Karena isian makanan khas ini banyak dan disiram oleh sambel kacang, bentuknya menjadi tidak beraturan dan karena itulah disebut dengan tahu gimbal. Bumbu kacang yang digunakan pun berbeda dari bumbu kacang biasanya. Ia lebih encer dan menggunakan petis udang sebagai bumbu tambahan.

Jika Sobat7 ingin mencicipinya, Sobat7 dapat berkunjung ke sekitar Taman Indonesia Kaya atau Masjis Baiturrahman Semarang. Kedai-kedai penjual tahu gimbal ini umumnya buka sore hari pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.

  1. Tahu Pong

Tahu Pong adalah makanan khas Semarang yang sudah berdiri sejak tahun 1950 dan sudah di generasi ke-3.
 

Tahu pong ini hanya ada di Jalan Gajah Mada, Semarang dan tidak membuka cabang di manapun. Tahu yang digunakan adalah tahu putih namun dengan konsistensi yang lebih padat dan kenyal.

Nama tahu pong sendiri berasal dari kata kopong yang berarti kosong dalam Bahasa Jawa. Penamaan ini didasari oleh tahu yang dalamnya kosong atau tidak berisikan apapun. Walaupun mirip dengan tahu Sumedang, tahu pong berbeda dari cita rasanya. Tahu pong ini tidak berasa, sedang kalau tahu Sumedang memiliki rasa asin dan gurih. Tahu pong juga tidak dimakan dengan bumbu kacang, melainkan cuka seperti pempek. Saus cukanya juga ditambahkan dengan bawang putih dan petis sehingga rasanya agak manis.

  1. Tahu Emplek

Berbeda dengan tahu pong, tahu emplek memiliki bentuk yang padat dan kenyal walaupun telah digoreng. Walaupun begitu, bentuk penyajian dan cita rasanya hampir serupa dengan tahu pong.

  1. Tahu Kopyok

Tahu kopyok ini sekilas menyerupai fuyunghai. Cara pembuatannya pun cukup hancurkan tahu dan tambah daun bawang serta telur. Kemudian goreng di minyak panas. Tahu kopyok biasanya dilengkapi dengan saus cuka yang mirip dengan tahu pong, namun alih-alih menggunakan acar lobak, tahu kopyok menggunakan mentimun.

Ingin 'tahu' berbagai macam kuliner atau informasi unik lainnya? Saksikan Tau Gak Sih tayang setiap hari Senin sampai Jumat pukul 13.30 WIB.